informasi KAPM

Informasi Berita  •  Event  •  Procurement



Pembangunan Underpass Stasiun Manggarai‎ Ditargetkan Rampung November 2016

Publish 2016-07-25 00:00:00     Kategori Informasi Berita

                                                

Jakarta, Senin 25 Juli 2016 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya PT Kereta Api Properti Menejemen tengah menyelesaikan pembangunan underpass atau terowongan untuk penumpang di Stasiun Manggarai.

Sampai saat ini pembangunan terowongan tersebut sudah dalam tahapan finishing, dimana progres pengerjaan sudah mencapai 75 persen. Terowongan ini akan mempermudah akses penumpang menuju peron stasiun.

Pekerjaaan yang tersisa saat ini yaitu pembuatan peron tinggi dan kanopi di peron 1-2 dan 2-3. Target penyelesaiannya November 2016. Proyek yang dimulai sejak 13 Oktober 2014 ini selain meningkatkan kemudahan akses para penumpang menuju peron, terowongan ini juga meningkatkan keselamatan penumpang. Selama ini jalur menuju peron masih harus melalui rel kereta.

Terowongan yang dibangun di Stasiun Manggarai ini memiliki panjang 60 meter dengan lebar‎ 7 meter. Dengan ukuran itu, maka terowongan ini lebih besar daripada terowongan yang sama di Stasiun Pasar Senen.

Sayangnya, proses pembangunan peron menghadapi beberapa kendala. Namun kendala-kendala tersebut tidak akan menganggu target penyelesaian itu sendiri. Kendalanya sampai saat ini karena cuaca, itu membuat pekerjaan tidak maksimal dan efektif. Selain itu, frekwensi perjalanan KRL sebanyak 897 per hari yang menjadikan KAPM dapat lebih memanfaatkan waktu untuk segera melakukan pengecoran kembali. PR KAPM