informasi KAPM

Informasi Berita  •  Event  •  Procurement



KAPM adakan Training Overhead Conductor Rail (OCR) LAA untuk Sta KA Basoetta

Publish 2018-04-23 00:00:00     Kategori Informasi Berita

Training OCL LAA

Mr. Daniel, Expert dari FURRER FREY Switzerland

 

Dalam waktu dekat KA Bandara Soekarno Hatta akan segera beroperasi dan saat ini sedang intensif melakukan uji coba, mulai dari Dirut KAI, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN telah mengikuti serangkaian uji coba. KA Bandara ini digerakkan oleh listrik yang terpasang di atas sepanjang jalur rel kereta mulai dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) hingga ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta (Basoetta), dan khusus di Stasiun Basoetta konstruksi listrik aliran atas kereta bandara menggunakan Overhead Conductor Rail (OCR).

Dirut PT KA Properti Manajemen (KAPM) menyampaikan bahwa OCR baru pertama kali digunakan di Indonesia, sehingga perlu dilakukan proses edukasi dan training sebagai pengenalan untuk semua pihak yang terlibat dalam pengoperasian dan pemeliharaan LAA. Sehubungan dengan hal tersebut, PT KAPM menyelenggarakan Training Instalasi, Pengoperasian dan Perawatan Overhead Conductor Rail (OCR) bertempat di SwisBell Hotel Tangerang pada tanggal 28 September 2017 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kereta Api ke-72.

OCR diperlukan untuk mempermudah instalasi LAA di lokasi dan bangunan yang memiliki karakteristik khusus seperti: depo, terowongan dan stasiun (Taxiway, Stasiun Bandara Soekarno Hatta). OCR secara fisik dan fungsi akan menggantikan material Cantilever/ V Truss, Massenger & Feeder Wire,  Bar & Ear,  dalam satu material sekaligus. Dampaknya adalah OCR akan lebih rigid, simple dan  memberikan efisiensi serta kemudahan dalam perawatan dan pengoperasiannya, serta meningkatkan aspek safety.

Acara training dibuka oleh VP Sintelis KAPM didampingi SM LAA Daop 1 Jakarta. Materi training meliputi: Pengenalan OCR, Instalasi dan Perawatannya, dan disampaikan langsung oleh  Mr Daniel, Expert dari FURRER FREY. Training ini terselenggara atas kerjasama antara PT KAPM, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan FURRER FREY Switzerland sebagai Pabrikan OCR. Training diikuti oleh 40 orang Pegawai Perencana dan Perawatan Listrik Aliran Atas di Unit LD, Unit Sintelis Kantor Pusat, Daop 1 Jakarta dan  PT KAPM.

HUMAS KAPM